Siswa : “Pak pensilku diambil Joko pak”,
Guru :
“Oh iya bentar”,
Siswa : “…”
Guru :
“Joko… mana Joko!!! Eh Joko yang mana sih?”,
Siswa : “Itu lho pak, yang tingginya segini, yang kurus”,
Guru :
“Oh… hah kurus? Jangan nyindir saya kamu ya”,
Siswa : “Enggak nyindir bapak kok, beneran kurus, itu lho yang rambutnya keriting”,
Guru :
“Oh…”,
Siswa : “…”,
Guru :
“Eh keriting yang mana? Bukannya temenmu banyak yang rambutnya keriting?”,
Siswa : “ITU LHO PAK YANG KALO MAKAN SAMBIL DIKUNYAH, KALO NULIS PAKE
TANGAN KANAN, DAN KALO TIDUR MEREM”,
Guru :
“SEMUA ORANG JUGA GITU KALLII!!! NANYA AMA POHON JUGA TAU”,
Guru :
“ENGGAK”,
Siswa : “Lha iya enggak…”
Guru :
“IYAAAAA”,
Siswa : “…”,
Guru :
“…”. *hening.
*klik.
Nah kira-kira begitulah yang dialami
kalo sang guru gak hapal ama nama-nama siswanya. Yang ditanya siapa, eh… yang
jawab siapa? Yang ditanggepin siapa, yang nyahut siapa? Yang makan siapa, ya
bayar donk!!!
Makanya setiap awal tahun pelajaran,
di minggu-minggu pertama, mau gak mau guru (dalam hal ini saya, soalnya saya gak
tau kalo guru yang laen hehe) harus bisa ngehafalin nama siswanya. Tapi
masahnya jumlah mereka gak 1 ato 2 orang, tapi puluhan, bahkan kalo sekolahnya
gede bisa ratusan? Lebih. Jadi kalo langsung ngehafalin segitu banyaknya jelas
gak mungkin. Itu harus bertahap.
Dan biasanya nama siswa yang mudah
atau malah harus lebih dulu diinget adalah siswa-siswa yang punya ciri khusus.
Baik itu ciri fisik atau pun non fisik. Dan aku rasa mungkin ini juga yang
berlaku untuk semua guru, mungkin lho ya?
Yup, jadi siswa yang akan cepat di
kenal guru menurut saya adalah siswa yang berpredikat ‘TER’. Mereka gak hanya
cepet diingat saja, tapi bahkan yang akan terus menempel ke salah satu sisi
otak guru, sehingga gak akan lupa.
Berikut saya jabarkan predikat-predikat
yang ‘TER’ berdasar pengamatan saya dari Gelora Bung Karno, dan nominasinya
adalaaaah… #jengjeng… (*backsound Erwin gutawa orchestra).
- Ter-bandel.
Guru akan
lebih cepat mengenal siswa yang bandel daripada siswa yang pandai. Siswa bandel/nakal
akan lebih mudah dikenali dari siswa yang pandai, kenapa? Karena kalo yang
bandel, baru MOS aja udah kelihatan bandelnya. Beda ama siswa pandai yang
kebanyakan lebih pendiem (kadang cuma diawal sih hehe). Dan guru bisa tau dia
pintar ato tidak setelah proses pembelajaran berlangsung.
Selain
mudah diingat, siswa tipe ini juga yang paling lama dilupain. Entah apa
sebabnya. Mungkin karena saking sebelnya guru pada anak itu, ato bisa juga
sebaliknya, saking sayangnya guru padanya?
- Ter-ramai/ter-ribut.
Ramai/ribut
disini dalam konteks negatif. Soalnya pembelajaran sekarang akan dikatakan baik
gak melulu bila keadaaan kelasnya tenang. Sebenarnya sikap ini sangat erat
hubungannya ama yang pertama tadi. Cuma kadang kan siswa yang ramai belum tentu
nakal, walaupun biasanya yang nakal itu suka rame di kelas.
Gara-gara
sikapnya ini, terpaksa guru harus ngehafalin namanya. Kenapa? Soalnya jika gak
hafal bisa repot, ntar yang terjadi kayak kasus di depan tadi. Kalo hafal kan
enak, begitu siswa itu rame, “Hayoo Eman diem, yang mengerjakan tangan sama
otaknya ya… bukan mulutnya”.
- Ter-aktif/ter-rajin.
Kalo ini
kebalikan dari poin ke dua tadi. Aktif disini dari segi posiitif. Jika diadain
kuis, dia selalu jawab. Jika dikasih soal dan ditawarin ke siswa untuk dikerjakan
di papan tulis, dia rebuatan untuk maju, entah itu jawabannya bener ato salah,
itu urusan belakangan. Nah, untuk menilai keaktifannya ini guru ya harus tau
namanya.
- Ter-pintar.
Pintar
disini diukur dari hasil nilai-nilai yang diperoleh. Hasil ulangan harian,
nilai mid semester, ulangan akhir semester, nilai tanya jawab/kuis, nilai
praktik, dan sebagainya. Karena prestasinya itu guru jadi sering nyebutin
namanya saat mengumumkan perolehan nilai tertinggi.
- Ter-cantik/ter-ganteng.
Kalo ini
diliat berdasar ciri fisiknya. Dulu SMK dibagi jadi dua, STM dan SMEA (sekarang
udah gak ada istilah itu). STM tuh kayak jurusan tehnik mesin, tehnik bangunan,
ya pokoknya jurusannya cowok-cowok lah. Kalo dalam satu kelas hanya ada dua
ceweknya, pasti kedua cewek itu cepet dihafal ama guru-gurunya. Apalagi
siswinya cantik. Demikian juga sebaliknya, SMEA itu jurusannya kayak
sekertaris, yang banyak dihuni kaum Hawa nya. Jika satu sekolahan hanya ada satu
siswa cowok keren, pasti deh tuh langsung direbutin ama satu sekolahan. Hehe… Dan
percaya ato enggak, temen saya ada yang kasih nama putrinya sama dengan nama
siswinya dulu yang katanya udah paling cantik, pinter lagi. Katanya lagi biar
anaknya kelak bisa kayak gitu.
- Ter-malas.
Ada
ter-rajin ada juga ter-malas. Bedanya ama anak yang bandel, siswa tipe ini gak
nakal, tapi kalo dikelas dia malas-malasan. Dikasih PR gak dikerjain. Suruh
diskusi, malah melamun. Diberi tugas, malah tiduran dan bahkan sampai tidur beneran.
Nah tugas guru di sini selalu ngedeketin dia untuk ngasih motivasi ato ngeguyur
ke siswa itu saat lagi tidur, hehe….
Yah itu tadi golongan siswa ‘ter’
yang biasanya aku cepet hafal namanya. Kalo pengen cepet diinget guru, tinggal
milih, mau masuk ke golongan ‘ter’ yang mana?
No comments:
Post a Comment