Karakter
guru dalam mengajar itu bermacam-macam. Beda guru, beda cara mengajar. Ada
seribu guru maka ada seribu cara mengajar yang berbeda juga. Dan menurutku cara
atau metode-metode itu saling melengkapi. Tidak bisa menyalahkan kalo masih ada
guru yang dikelas masih kaku dan kolot dalam sistem pembelajarannya.
Yup,
disetiap sekolah pasti ada guru tipe ini, Guru Kiler. Guru yang paling diinget
siswanya. Hehe…
Memang
guru-guru dengan tipe mengajar seperti ini cenderung sangat tidak disukai oleh
siswanya. Tapi bagi guru yang lain, tidak bisa dipungkiri sangat membantu dalam
hal mengontrol siswa. Siswa biasanya takut pada guru tipe seperti ini.
Yang
perlu dicontoh untuk tipe guru seperti ini adalah disiplinnya. Dalam menegakkan
kedisiplinan tipe guru ini sangat getol dan tidak pandang bulu, ada yang
melanggar dikit langsung ditindak. Entah itu pelanggaran kelas berat, kelas sedang,
kelas ringan, apalagi kelas bulu.
Selain
kedisiplinannya juga sangat menjunjung tinggi kejujuran. Makanya dalam mengawasi
ulangan harian, mid tes ataupun ulangan semesteran sangat ketat. Bukan
pakaiannya yang ketat, maksudnya dalam mengawasi siswa yang lagi ulangan itu
bener-bener diperhatikan agar tidak ada seorangpun yang bisa menyontek. Ada
suara dikit aja mata langsung muterin ruangan, mencari dimana sumber suara itu
berasal.
Aku
sendiri senang kalo ada guru dalam mengawasi
ujian untuk tipe seperti ini. Kenapa?
Pertama, ujian ato ulangan adalah proses evaluasi siswa. Seberapa besar siswa dalam nangkap meteri yang udah dikasih guru akan dinilai. Dengan pengawasan yang ketat, siswa gak aka nada yang berani noleh kanan-kiri-depan belakang mereka. Mau gak mau setiap siswa harus nyelesaiin sendiri soal-soal ulangannya. Itu artinya nilai yang didapet adalah murni nilai pekerjaannya. Disitu akan ketahuan seberapa besar kemampuan siswa. Mana yang perlu mengikuti remedial mana yang tidak.
Pertama, ujian ato ulangan adalah proses evaluasi siswa. Seberapa besar siswa dalam nangkap meteri yang udah dikasih guru akan dinilai. Dengan pengawasan yang ketat, siswa gak aka nada yang berani noleh kanan-kiri-depan belakang mereka. Mau gak mau setiap siswa harus nyelesaiin sendiri soal-soal ulangannya. Itu artinya nilai yang didapet adalah murni nilai pekerjaannya. Disitu akan ketahuan seberapa besar kemampuan siswa. Mana yang perlu mengikuti remedial mana yang tidak.
Kedua,
kalo ada guru dengan tipe ini, siswa akan sedikit khawatir. “Ah besok yang jaga
ulangan siapa ya? Jangan-jangan pak X lagi, aduh gimana nih, ntar kan gak bias
nyontek? Gue kan gak mau nilainya jelek? Gimana ntar kata gebetan kalo
cantik-cantik tapi dicap oon, ah tidaaaakk…. Ok gue harus belajar dari
sekarang. Ah tapi sinetronnya lagi seru nih, aduh gimana ini? Tolongin gue
dong. Nggak, gue harus belajar sekarang” *klik.
Nah
dengan adanya guru kiler, siswa pasti akan nyiapin dirinya agar siapapun
pengawasnya tetap bisa ngerjain sendiri dan nilainya tetap aman tanpa adanya
bantuan dari orang laen.
Ketiga,
aku lebih senang kalo ngawasi bareng guru ini. Kenapa? Soalnya aku gak bakalan capek
dalam ngawasi siswa tes. Kok bisa? Iya bisa. Karena siswa akan langsung tenang
dengan sendirinya tanpa disuruh. Itu artinya juga, aku gak perlu teriak-teriak
untuk nyuruh mereka tenang. Gimana mau rame, melihat sosok guru itu aja udah
pada takut. Sehingga udah bisa dipastiin tuh ruangan tenaaaang banget kayak
ditengah kuburan malem-malem. Mungkin karena saking tenangnya, semut merayap
aja kedengeran suaranya. #nomention.
Pernah
suatu ketika saat semesteran berlangsung, dan saya dapet jadwal ngawasi bareng
beliau. Seperti biasa anak-anak langsung tenang dengan sendirinya. Gak ada
suara sedikitpun. Selang beberapa menit, “Klotak”, terdengar suara dari arah
belakang.
“Apa
itu?”, reflek mata kami nengok ke belakang.
“Ini
pak si A pinjam pulpen”,
“Ya
sudah kerjakan lagi”, seru beliau. Kelas langsung tenang lagi.
Meskipun
gak ada suara, gerak-gerik siswa itu sebenarnya kelihatan dari depan, dari guru
yang ngawasi. Entah itu saat bengong gak ngerjain soal, ngelirik jawaban temen
sebelah, ato saat buka contekan sekalipun sebenarnya guru itu tau. Bukan karena
punya indra ke enam, tapi itu adalah pengalaman dimana guru juga pernah jadi
seorang siswa. Dan ini yang tidak disadari siswa.
Tiba-tiba
beliau berdiri dari tempat duduknya dan berjalan ke belakang. Ternyata beliau
melihat ada anak ngasihkan kertas ke temennya. Aku hanya melihatnya dari depan.
Suasana semakin hening, raut wajah ketakutan tampak pada siswa yang dikasih
kertas itu. Tapi tidak pada yang ngasih, wajahnya tenang-tenang aja.
“Wah mental baja nih anak?”, pikirku.
“Wah mental baja nih anak?”, pikirku.
Karena
biasanya baik yang ngasih ato yang dikasih contekan semuanya dapet hukuman.
Meski cuma peringatan, tapi ini cukup membuat menjadi patung si pelaku.
Diambilnya
kertas itu, lalu dibukanya. Setelah aku tau, tuh kertas bertuliskan ‘TIDAK MENJUAL
CONTEKAN !!!’.
Pantes
aja yang ngasih kertas itu santai-santai aja, karena dia emang gak ngasih
contekan apa-apa. Tapi tidak untuk yang dapet kertas itu, dia langsung dikasih
peringatan. Dan peringatan itu juga terdengar ama seluruh isi ruangan yang membuat
suasana menjadi semakin sunyi, menegangkan bagi yang gak belajar.
Tok…
tok… tok… tok… Sekarang hanya suara dari sepatu beliau saat berkeliling ruangan
yang terdengar, karena heningnya suasana ruang. Tiba-tiba ‘grrrk… grrrrk…
grrrk… grrrk…’ terdengar suara getaran. Ya semua isi ruangan mendengar suara
getaran itu. Aku pun tidak asing mendengarnya. Itu adalah suara getaran HP.
Memang hanya getar, tanpa suara. Tapi heningnya suasana ruang cukup untuk bisa
mendengar suara getaran itu.
“HP
siapa itu?” kembali beliau bertanya ke siswa, dengan nada agak tinggi. Tidak
ada yang menyahut. “Berani-beraninya saat ulangan gini masih ada yang bawa HP”.
Suasana
semakin tegang. Siswa saling pandang seolah ingin bilang: “Ayolah ngaku aja,
daripada tambah deg degan nih”, tapi tidak berucap.
Akhirnya saya buka mulut,
Akhirnya saya buka mulut,
“Emmm
maaf pak, ini suara HP bapak yang bapak tinggal di meja, kelihatannya ada SMS”.
“…”.
Suasana
kelas tetep hening, dan saya keringetan nahan tawa dengan maksimal.
***
Bwahahahaha... ngebayangin gimana perasaannya murid-muridnya, pasti pengen ngakak juga saat itu. Tapi di tahan pastinya. Hihihi...
ReplyDeleteDulu ada juga guru saya, saat SMP, yang seperti itu. Sampai-sampai murid2 yang lainnya memberi julukan 'mata dewa', saking kalo jaga ujian, gerak sedikit saja beliau langsung bisa menyadari.
kelihatannya sih gitu hehe... ketawanya ikhlas bgt ya tau aq keringetan gitu -___-'
Deletewkwkw, ada kalanya guru killer membantu kita untuk berusaha memahami pelajaran tapi dengan "terpaksa",
ReplyDeletedulu pernah ada guru killer yg marah2 bilang, "Saya apa aku yang keluar?!" yang ada seisi kelas cekikikan, geli nahan ketawa wkwkw
dengan metode gini pasti siswa mau gak mau belajar, tapi "terpaksa karena takut"(pengalaman pribadi jadi siswa hihih)..tapi sebaiknya, siswa dirangsang rasa ingin tahu nya supaya semangat untuk belajar (tidak dengan terpaksa)
nice story di hari guru :D
sayku saja yg keluar..hahaha...
Deleteyoi,bener bgt bro...
makasih ya :)
hahaha.. lucu banget yang bagian akhir..
ReplyDeleteGuru killeritu terkadang jadi kenangan tersendiri apalagi kalau pas reuni..
Apalagi pernah sepayung berdua yaa?
Delete