Kali ini akan saya share pengalaman saya, ato bisa dibilang aib saya saat
pertama kalinya mengajar di sekolah resmi setelah resmi juga dicap sebagai
alumni kampus tempat saya kuliah. Oh ya, mungkin sedikit agak panjang, tapi
nikmati aja saat baca, tertawakan sepuasnya kalo memang pengen menganiaya saya (ampuni mereka ya Allah). Mudah-mudahan
mata gak juling. Happy reading.
***
Kriiiiiingggg… Kriiiiiiinnnggg… Kriiiiiinngggg…
Bukan suara telepon masuk. Itu adalah bunyi suara alarm
keduaku setelah alarm pertama bunyi subuh tadi. Sengaja saya set alarm kedua ini
karena hari ini saya mempunyai status baru, GURU. Saya takut aja karena memang
belum biasa hidup jadi orang normal kembali. Kalimat tidak bertele-telenya
adalah saya nggak pernah bangun pagi. Setelah subuhan pasti tidur lagi. Dan
bangun sesuka hati, gimana rajin kan?
Bunyi alarm itu ternyata tidak langsung membangunkanku.
Denger sih, tapi saya pencet tombol snooze
untuk menundanya. Beberapa kali saya pencet sambil bermalas-malasan, ngantuknya
sangat luar biasa. Mungkin karena belum terbiasa dan efek belajar semaleman
buat nyiapin materi yang akan di ajarkan.
Oh ya, buat kalian yang masih jadi siswa dan mahasiswa, saya
bongkar satu rahasia guru. Guru itu sebenarnya gak pinter, dia hanya terlihat
pinter. Kenapa bisa kayak gitu? Iya, karena guru itu hanya menang belajar
duluan. Kalo belajarnya bareng, saya gak menjamin kalo para guru lebih pinter
dari para siswanya, saya yakin itu.
Karena bangun jamnya udah mepet,
saya mandi seadanya, gosok
gigi sekenanya, dan sarapan semampunya (*muka memelas). Dan dengan kecepatan
maksimal saya menuju ke kantor baruku. Dan Alhamdulillah sampai sana pas bel
masuk.
Bener, sesuatu yang dilakukan dengan tergesa-gesa itu tidak
baik. Saya ngerasain sendiri saat itu. Tidak tenang, itu satu alasan yang utama.
Padahal dari situ muncul dampak-dampak lain yang lebih banyak. Yang jelas
pikiran hanya focus untuk buru-buru masuk kelas agar gak telat, dan disini
mengesampingkan materi yang udah saya pelajari. Dan hasil dari yang saya pelajari
semalem nol, pikiran langsung blank. *Mati*.
Kalo udah gitu ya udah, hanya Tuhan pertolongan satu-satunya
yang kita andalin.
Untung jam pertama, jadi masih ada waktu untuk menata kembali
hati yang tlah hancur #eaaa. Bukan. Maksudnya menenangkan diri, melambatkan
kembali detak jantung dan berusaha mengingat hasil belajar semalem untuk
kembali disampaikan ke siswa. Kalau gurunya aja gak tau materi yang mo
disampaikan, trus siswanya mo ngapain coba? Maenan monopoli di kelas? Main
halma? Ato main hati? #eh.
Tapi begitu ngeliat wajah-wajah siswa di kelas itu, otak yang saya suruh nginget kembali materi yang saya pelajari semalem seakan gak mau
nongol di otak, susah sekali rasanya. Siswa-siswa di kelas itu rata-rata
badannya gede, lebih gede dari badan kurusku. Gak tau anak sekarang makannya
apa? Hanya beberapa saja yang terlihat lebih kecil dan lebih pendek dariku.
Oh ya kelas yang saya masuki itu kelas XI alias kelas 2 STM
(kalo sekarang SMK). Siswa yang katanya lagi nakal-nakalnya. Kenapa bukan kelas
3? Karena kalo kelas 3 biasanya udah sadar kalo sebentar lagi mereka ujian,
makanya harus nyiapin segala sesuatunya. Gak ada waktu lagi buat maen-maen
katanya. Padahal materi ujian juga dari mulai kelas 1 sampai kelas 3, gak hanya
materi kelas 3 doang. Yah tergantung dari siswanya juga gimana nyikapinnya. Toh
mereka sendiri juga yang ngerasain. Benarkah siswa STM seserem itu?
Ketua kelas memimpin berdoa. Semuanya diam. Setelah berdoa
selesai siswa masih diem. Saya diem. *hening beberapa detik.
“Ini kenapa semua pada diem?”, tanya saya dalam hati dan entah
pada siapa? Untung tanpa ada yang jawab (ya iyalah, lagian siapa yang denger
kalo hanya ngomong dalam hati? hanya Tuhan yang tau, hehe). Saya tersadar bahwa
di dalam kelas gurulah yang menguasai kelas (maklum, kan baru pertama ngajar,
jadi lupa).
“Assalamu’alaikum Warahmaullahi Wabarakaatuh”, saya membuka
kesunyian yang mulai rame oleh bisik-bisik siswa di bagian belakang dan sudah
siap jika hanya akan ada beberapa siswa saja yang akan ngejawab salamku. Dan
tau apa yang terjadi? Ya, benar. Seperti yang saya dan anda pikirkan. Yang
ngejawab hanya beberapa saja. Yang ada mereka ceramah sendiri ama temen
sebangkunya. Kalo saja saya ustadz ato kyai, dan bukan guru baru disitu, aku
ceramahin tuh anak-anak bahwa menjawab salam itu hukumnya wajib, jadi kalo gak
dijawab itu dosa (iya anak kecil juga tau). Disini kesabaran mulai diuji.
#sabarrrrr….
Menjalankan Trik Gagal
Oke, mungkin ini hanya permulaan saja. Ato mereka gak denger
aja. Saya tetep positive thinking. Dan saya inget beberapa cerita temen saat nangani siswa yang rame. Dan hasil
rangkumanku saat itu kurang lebih gini:
- Pasang muka serius agar terkesan galak.
- Keraskan volume suara saat menerangkan materi ke siswa.
- Kasih soal yang sulit biar siswa pada minder.
- Siswa diminta maju untuk ngerjain soal itu, biar malu sama temennya yang laen.
Saya praktekin tuh hasil pemikiranku berdasar pengamatan,
pendengaran serta analisisku sendiri yang ada di otak.
Dan hasilnya adalah:
- Pasang muka serius agar terkesan galak.
Begitu inget trik ini, saya langsung diem
tanpa senyum, muka lurus, pandangan tajam. Tapi yang terjadi bukannya takut.
Mereka tetep dengan aktifitasnya ngobrol dengan temen sebelahnya, dan kadang
tertawa sesuka hati. Tadinya ada niatan untuk ngebentak, tapi saya urungin
niatku mengingat postur tubuh anak yang rame. Dan jadi guru galak pun gagal.
- Setelah trik pertama gagal, saya coba trik yang ke dua. Saat nerangin materi, saya kerasin volume suara.
Awalnya semua siswa diem. “Wah trik ke dua
manjur nih, hehe…”, bisik saya dalam hati penuh senyum kemenangan. Lima menit
pertama diem. Menit berikutnya mulai ada bisik-bisik. Saya lebih kerasin lagi
volume suara. Suara bisiknya tambah banyak. Saya tambahin lagi volumenya.
Mereka lebih rame, semakin rame dan lama-lama suaranya ngalahin suara saya.
Tenggorokan kering. Mereka senang, saya stres. -___-
- Kasih soal yang sulit dikerjakan.
Untung saya ngajar Matematika, pelajaran
yang dianggap sulit oleh sebagian siswa. Jadi gak terlalu susah ngejalanin
rencana ini. Saya kasih aja soal yang menurut saya susah untuk mereka kerjain. Dan
hasilnya adalah mereka bener-bener terlihat kesulitan untuk ngerjain soal itu.
“Rasain lu, emang enak? Hehe”.
Tapi itu terjadi di menit pertama. Menit
selanjutnya mereka pada ngobrol lagi. Dan udah bisa dibayangin dalam hitungan
beberapa detik aja, kelas udah kayak pasar pagi pindahan. Bukannya berusaha
nyelesaiin tuh soal, mereka malah cuek bebek, ketawa-ketiwi kesana-kemari.
“Kenapa tidak dikerjakan?”,
“Apanya yang dikerjakan pak?”,
“Lha itu soal-soal yang saya tulis”,
“Oh bapak nulis soal to, tak kira ngasih resep”
“-___-“ *nelen kertas*
- Oke sepertinya trik diatas gak mempan kalo lagi bareng-bareng. Saya pilih aja siswa yang ter-rame. Saya suruh maju aja biar dia malu ama temen-temennya. Ntar kalo udah malu kan pasti diem. Saya panggil tuh siswa, dan saya suruh ngerjain di papan tulis.
“Bejo (nama disamarkan) silahkan kerjakan di depan”, perintah saya. Dan gak
ada reaksi apapun darinya. “Ah, mungkin dia gak dengar tadi”, bisik saya dalam
hati.
“Bejo silahkan kerjakan di depan”, kata saya mengulang tapi kali ini dengan
nada agak tinggi. Dia berhenti ngobrol. “Nah, kan bener, dia tadi gak dengar”.
“Tapi pak”, sahutnya.
“Ayo, tidak ada kata tapi”, perintah saya dengan muka serius.
“Tapi…, kalo saya nggak mau maju gimana pak?”
“…”
“…”
“Yaa… yaaa… saya tawarkan ke yang lain. Hayoo siapa yang bisa, maju ke
depan”
*kemudian hening.
Kesimpulan:
Semua trik yang saya jalankan gagal total. Dan anehnya jam di
kelas itu berasa kayak batrenya mo habis, lamaaaaaaa banget. Bel gak
bunyi-bunyi.
Ini baru hari pertama. Masih banyak hari-hari laen setelah
ini yang menunggumu anak muda. #tidaaaaaaaakkkk….
Hari pertama langsung ngajar pak? gak kenalan dulu :D
ReplyDeletesdh pak di mggu sblmnya pas prtma dtg hehe...
Deletehahahah ada ya guru yang kayak gini ternyata...
ReplyDeletemklum br pemula dpt siswa yg super ajaib mas hehe, #nasib2 :|
Delete